Ketentuan Waktu Sholat Tahajud

Allah SWT menjanjikan kemudahan bagi hamba-Nya yang mampu menjalankan sholat tahajud. Termasuk dikabulkannya doa yang dimunajatkan di waktu tahajud. Sholat tahajud yang dikerjakan pada malam hari usai manusia terjaga dari tidurnya ini memang mempunyai banyak kemuliaan dan keutamaan. Karena dikerjakan di malam hari, tentu tidak sedikit yang merasa keberatan untuk bangun malam dan sholat. Untuk itulah Allah memberikan keistimewaan bagi kita yang ikhlas bangun malam untuk mengingat-Nya.

Sepertiga malam, adalah sebutan yang diberikan untuk menunjukkan waktu sholat tahajud. Namun tidak diketahui pasti kapan waktu yang mustajab untuk berdoa. Inilah beberapa ketentuan mengenai waktu yang dianjurkan ketika hendak melaksanakan sholat tahajud.

baabulilmi.com

Sepertiga Malam yang Pertama

Apabila selama ini kita beranggapan bahwa sepertiga malam adalah waktu tunggal, namun ternyata ada 3 ketentuan waktu yang menjadi bagian dari sepertiga malam itu sendiri. Sepertiga malam pertama yang dimaksud adalah waktu yang berada di antara ba’da Isya’ sampai pukul 10 malam. Akan tetapi untuk mengerjakan sholat tahajud harus tetap diawali dengan tidur, meski hanya sebentar.

Sepertiga Malam yang Kedua

Sepertiga malam yang kedua ini ternyata menjadi waktu utama untuk melaksanakan sholat tahajud. Waktu ini berada pada rentang pukul 22.00 sampai 01.00. Menjadi waktu yang utama karena kebanyakan dari kita sulit untuk bangun pada rentang waktu tersebut. Namun pada waktu – waktu inilah keutamaan dan kemuliaan dari sholat tahajud bisa didapat.

Sepertiga Malam yang Ketiga

Sepertiga malam yang kedua memang disebut – sebut sebagai waktu utama untuk mengerjakan sholat tahajud, serupa dengan sepertiga malam yang ketiga ini. Waktu  yang berada pada rentang pukul 01.00 sampai sebelum Shubuh ini juga dinilai sebagai waktu yang utama dalam mengerjakan sholat sunnah tahajud ini.

Tidak ada batasan maksimal mengenai jumlah rakaat sholat tahajud. Kita bisa mengerjakan semampunya. Untuk masalah waktu sholat tahajud, sebaiknya kita menyesuaikan dengan kemampuan, sebab kondisi setiap orang tentu berbeda satu dengan lainnya. In Syaa Allah kemuliaan dari sholat tahajud akan tetap Allah berikan kepada kita yang berusaha menjalankan sholat sunnah ini.

 

Ketentuan Waktu Sholat Tahajud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *